Rabu, 27 Mei 2015

Ini lho hasil pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi di UMM

Hai teman-teman ku, sekarang ini aku lagi menjalani yang namanya pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi di Universitas Muhammadiyah Malang, banyak info baru yang aku dapatkan sebagi mahasiswa baru disini
Aku mendapatkan salah satu trik mudah untuk print screen menggunakan snipping tool
Snipping Tool sendiri adalah program Tool default dari Windows 7, dan tidak kita jumpai di windows XP. Sebelum mengenal Snipping Tool saya sendiri sering memakai tombol Keyboard Print Screen dalam mengcapture Screen. Tetapi hasil capture / Print Screen yang berbentuk image sangat berat, dan susah dalam memilih area yang kita inginkan. <<<<Print Screen dengan Snipping Tool>>>

Ada beberapa kelebihan dari Snipping Tool ini, dibanding tool-tool sejenis :
- File hasil Capture lebih ringan, sehingga kita lebih mudah dalam mengirimkanya via email atau
   untuk keperluan upload.
- Keleluasaan dalam memilih area yang akan kita capture.
- Semua jenis Screen dapat kita capture.
- Fitur tambahan yanga ada di Snipping Tool sangat mudah digunakan.

Untuk menggunakan Snipping Tool ini pada Windows 7, dapat kita mulai dari Start >All Program>Accecories>Snipping Toll :














Gambar 1








Gambar 2


Cara penggunaanya cukup mudah, berikut saya ulas :
1. bila kita memilih programnya, akan muncul gambar 2 diatas.
2. Monitor PC Anda akan berubah warna menjadi Buram Keputihan.
3. Klik dan tahan di area yang akan dijadikan (Capture) file.
4. Bila Anda sudah selesai menyeleksi area, akan muncul tampilan hasil Print Screenya, saya contohkan mengcapture Tombol Start dan papan taskbar, penampakan seperti dibawah ini :


5. Anda bisa menyimpan Image hasil Capture tsb, dengan menekan SAVE pada Snipping Tool, atau anda hanya Copy dan paste ke tempat area kerja anda.


Sumber: disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar